10 Tips Google+ Untuk Pemula

Anda pemula di Google+? Atau bahkan belum punya akun sama sekali? Ada baiknya Anda mencoba jejaring sosial milik Google ini. Bisa dibilang jejaring ini merupakan paduan antara Facebook dan Twitter. Banyak sekali fitur-fitur di google+ yang tidak Anda dapatkan di Facebook maupun Twitter.

Di bawah ini adalah 10 tips untuk pemula di Google+:

  1. Untuk tahap awal agar mudah dikelola sebaiknya memasukkan minimal 100 orang ke dalam lingkaran-lingkaran (circles) Anda. Jika jumlah orang di lingkaran Anda kurang dari itu mungkin akan membuat aliran (stream) google+ Anda kurang optimal. Sebaliknya jumlah yang berlebihan membuat Anda kelebihan beban informasi yang membuat koneksi menjadi lambat. Jangan asal memasukkan orang kedalam lingkaran Anda atau Anda akan bosan. Misalnya saja Anda tertarik akan fisika, lalu mencari ”Einstein”. Hasilnya mungkin akan ditemui ribuan posting yang berhubungan dengan minat Anda. Pilih salah satu dari mereka, kemudian lihat profile-nya. Jika Anda suka dengan content-content-nya maka masukkan ia kedalam lingkaran. Lakukan begitu seterusnya hingga dirasa cukup jumlahnya di dalam lingkaran Anda.
  2. Perhatikan pada bagian “What’s Hot”. Posting-posting disini adalah dari mereka user-user aktif yang saling terlibat. Segera bergabung! Anda dapat belajar dari mereka yang umumnya friendly. Jadi tidak perlu malu.
  3. Jika Anda telah terhubung dengan mereka, mulailah sharing. Anda akan menemukan komunitas baru yang mungkin tidak Anda dapatkan di Facebook. Google+ jauh berbeda dengan facebook dalam hal pertemanan. Di google+ Anda akan banyak mendapatkan teman baru, teman yang mempunyai banyak kesamaan dibandingkan dengan teman di facebook atau di kehidupan nyata. Menambah teman baru di google+ sepertinya menakutkan, tapi akan mudah apabila Anda sudah mulai terlibat di dalamnya karena memiliki minat yang sama.
  4. Terkadang kita ingin memberikan comment atau sharing, maka cobalah lakukan sekali-sekali. Setelah Anda mulai terlbat secara aktif dengan user lainnya maka orang mulai akan memperhatikan posting-posting Anda, dan kemungkinanbesar  akan memberi comment juga. Google+ tidak seperti Twitter yang setelah posting (tweet) dengan hanya satu atau dua kalimat segera diabaikan orang. Perhatikan topik yang mendapat perhatian. Cari tahu apa yang orang lain komentari. Jika Anda pakar atau mungkin banyak tahu tentang topik tersebut, tulislah posting yang berisi teknik atau tips yang mungkin bisa membantu. Orang akan sangat menghargai pendapat Anda.
  5. Tulislah posting dengan content asli. Konten yang benar-benar asli dari Anda akan terlihat unik.  Posting dengan konten sharing dari orang lain akan sedikit diikuti orang. Orang ingin mengenal Anda, bukan hanya mengenal mereka.
  6. Ketika Anda mulai berteman dan saling berkomentar, maka Anda sudah mulai terlibat. Orang  lain akan melihat Anda sebagai user aktif. User aktif akan mengikuti user aktif lainnya.  Mungkin dibutuhkan waktu agar lingkaran Anda berkembang dan sedikit ketrampilan mem-posting agar menarik. Jangan menyerah!
  7. Salah satu alasan user mengikuti user lainnya adalah komentar dari posting yang mereka tulis,  mungkin itu pendapat yang bagus, bisa membantu atau  menginspirasi. Salah satu yang saya cari adalah rasa humor. Saya sangat senang berada di sekeliling orang yang humoris. Komentar-komentar lucu akan membuat saya mengikuti orang lain. Coba lihat posting-posting saya di blog ini.
  8. Tidak ada kata terlambat untuk terlibat di suatu komunitas. Komunitas adalah kumpulan orang-orang yang tertarik dan berbagi minat yang sama. Jadi jangan dibandingkan dengan gang semasa SMA dulu, dimana para anggotanya berpikir mereka lebih baik dari yang lain. Di Google+ semua orang terbuka untuk member baru. Makin banyak member maka komunitas semakin baik. Jadi jangan merasa Anda tidak akan mendapat tempat di suatu kelompok. Ada ribuan tempat yang akan menerima Anda.
  9. Jika Anda memiliki pertanyaan, bertanyalah. Pengalaman saya di Google+ orang akan selalu meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan. Tidak ada yang lebih pintar disini walau mereka kelihatan sudah ahli. Selalu ada hal-hal baru dimana kita terus belajar dan belajar.
  10. Enjoy dan nikmati.

Komentar Anda

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s